Tuesday, May 21, 2013

Tugas Tugas Supervisor



1.      Tugas – Tugas Supervisor
Supervisor merupakan pengawas lini pertama yang setiap saaat akan selalu berhubungan dengan bawahan. Dalam melaksanakan pekerjaannya, supervisor membawahi bawahan yang memerlukan suatu pengawasan dalam melaksanakan suatu perkerjaan. Supervisor harus mampu memecahkan suatu permasalahan, mengambil keputusan yang bijaksana dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan baik oleh bawahan dan supervisor. Berikut ini akan disampaikan tugas – tugas supervisor menurut beberapa ahli:

Menurut John R. Bryan (1996:38) tugas – tugas supervisor adalah : “Responsible for supervising stores, for training and of miximzing operating profit”. Dapat diterjemahkan supervisor bertugas mengawasi kegiatan operasional restaurant, memberikan pelatihan kepada bawahan dan memaksimalkan keuntungan perusahaan.
Menurut Soekersno (2000:137) tugas – tugas supervisor adalah sebagai berikut:
a.       Melakukan penjadwalan dan pengontrolan terhadap kehadiran bawahan.
b.      Memberikan petunjuk atau pengarahan kepada bawahan.
c.       Memeriksa kesiap siagaan bawahan dalam menghadapi tamu.
d.      Membagi staff service ke station – station setiap hari.
e.       Membina dan mengembangkan kemampuan staffnya baik dalam hal keterampilan, pengetahuan dan wawasannya.
f.       Mengontrol dan memastikan semua pelayanan terhadap tamu agar terpelihara dengan baik dan konsisten.
g.      Mengatasi komplain pelanggan secara baik dan tuntas.
h.      Mengajukan work order atau kerusakan barang dan sarana restaurant untuk perbaikan.
Menurut Kartini Kartono (1996:38) tugas – tugas supervisor adalah sebagai berikut:
a.       Merencanakan pelaksanaan tugas setiap hari untuk bawahan.
b.      Mengetahui dan menggunakan wewenang dengan tepat.
c.       Supervisor harus memiliki kekuasanaan dan kewajiban serta harus mampu membangun sikap kooperaitif dan parsitipatif bawahan.
Dalam hal ini seorang supervisor dituntut agar dapat mengkoordinasikan dan mengatur pekerjaan waiter/waitress agar operasional restaurant berjalan dengan lancer. Disamping itu supervisor harus dapat melaksanakan tugas dan wewenang yang diberikan dengan baik serta supervisor harus memiliki kesadaran yang tinggi terhadap posisinya.
Selain itu supervisor harus mampu membangun hubungan baik dengan bawahan maupun dengan atasan, sehingga dengan terciptanya hubungan yang baik dan harmonis maka akan lebih mudah bagi supervisor untuk mendelegasikan tugas dan tanggung jawab serta melakukan koordinasi dengan bawahan ataupun dengan ataasan.
Dari kutipan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa seorang supervisor memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap kelancaran jalannya operasional restaurant, serta mengatur dan membagi tugas bawahannya sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan juga dapat berusaha seoptimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan operasional yang dilaksanakan.


klik disini Untuk syarat - syarat seorang supervisor

No comments:

Post a Comment