Advertisement

SOP Standar Oparating Procedure ( Indonesia )



Apa itu SOP?? pengertian SOP? Tugas SOP?
ini dia dibawah gan Check-it-dot

SOP sangat berperan penting dalam kesuksesan jalannnya operasional suatu restaurant. Berikut ini adalah SOP pelayanan makanan oleh waiter/waitress:
1.      Menyambut dengan cara memberi salam sesuai dengan waktu serta menanyakan kabar dari tamu yang akan datang ke restaurant. Berikut adalah kalimat yang digunakan oleh waiter/waitress The Gangsa Restoranrestaurant pada saat menyambut tamu adalah “Good morning/afternoon/evening sir/madam, how are you today?”
2.      Mengantarkan tamu menuju tempat duduk yang diinginkan dan membantu menarik kursi ketika tamu akan duduk.

3.      Menyerahkan daftar menu dari sebelah kanan tamu dengan tamu  wanita terlebih dahulu.
4.      Sambil memberikan waktu kepada tamu dalam menentukan makanan serta minuman yang akan dipesan, waiter/waitress menyiapkan captain order, dalam hal ini waiter/waitress dapat melakukan taking order untuk mengetahui jenis minuman yang akan di pesan terlebih dahulu sebelum tamu menentukan pilihan makanan yang akan mereka pesan.
5.      Mencatat pesanan tamu pada captain order yang dibuat rangkap 3 (tiga) yang mana setiap lembarnya diberikan kepada cashier, bar, dan kitchen.
6.      Mengulang kembali pesanan untuk menghindari kesalahan.
7.      Membawa captain order ke bar dan kitchen.
8.      Sambil menunggu pesanan tamu siap dihidangkan, waiter/waitress melakukan set up cutleries padameja tamu.
9.      Menyajikan makanan yang telah dipesan sesuai dengan urutan makanan (appetizer, soup, main course dan dessert) dari sebelah kanan tamu.
10.  Menanyakan kepada tamu apakah mereka sudah selesai menyantap makanan dan minuman sehingga waiter/waitress dapat mengangkat piring dan gelas kotor (clear up all restaurant equipment on the table).
11.  Melakukan crumbing down serta mengangkat salt & pepper.
12.  Menyerahkan bill, sambil menanyakan kepada tamu tentang rasa dari makanan dan minuman yang telah mereka nikmati serta menanyakan sesuatu yang dikeluhkan.
Membantu menarikkan kursi pada saat tamu akan meninggalkan restaurant serta mengucapkan terima kasih atas kedatangannya.
Share on : Twitter | Facebook | Google +
Artikel Hangat Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.