Advertisement

Jenis - jenis Hotel


1.1.1        Jenis Hotel
Penentuan jenis hotel tidak terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat khas yang dimiliki wisatawan (Tarmoezi,2000:5) berdasarkan hal tersebut, dapat dilihat dari lokasi dimana hotel tersebut di bangun, sehinga dapat dikelompokan sebagai berikut :


a.       City Hotel
Hotel yang berlokasi di perkotaan, biasanyan diperuntukan bagi masyarakat yang bermagsud untuk tinggal sementara ( dalam jangka waktu yang pendek ). City hotel disebut juga transit hotel karena biasanya dihuni oleh para pelaku bisnis yang memanfaatkan fasilitas bisnis yang di sediakan oleh hotel tersebut.
b.      Residential Hotel
Hotel yang berlokasi di daerah pinggiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah mencapai tempat - tempat kegiatan usaha. Hotel ini berlokasi di daerah – daerah tenang, terutama di peruntukan bagi masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu yang lama. Dengan sendirinya hotel ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap untuk seluruh anggota keluarga.
c.       Resort Hotel
Hotel yang berlokasi di daerah pegunungan ( mountain Hotel), atau tepi pantai ( Beach Hotel ) di tepi danau atau di tepi sungai. Hotel seperti ini diperuntukan bagi keluarga yang ingin beristirahat pada hari – hari libur atau bagi mereka yang ingir berrekreasi.
d.      Motel ( Motor Hotel )
Hotel yang berlokasi di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungkan antara satu kota dengan kota besar lainnya, atau di pinggiran jalan raya yang dekat dengan pintu gerbang atau batas kota besar. Hotel ini diperuntukan sebagai tempat beristirahat sementara bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan kendaraan umum atau mobil sendiri. Oleh karena itu hotel menyediakan garasi mobil.
1.1.2        Segi Jumlah Kamar Hotel
Menurut Tarmozi ( tarmozi 2000:3) dari banyaknya kamar yang disediakan, hotel dapat dibagi menjadi :
a.       Small Hotel
Jumlah kamar yang disediakan maksimal 28 kamar.
b.      Medium Hotel
Jumlah kamar yang di sediakan antara 28-299 kamar.
c.       Large Hotel
Jumlah kamar yang disediakan lebih dari 300 kamar.

klik disini untuk karakteristik hotel
Share on : Twitter | Facebook | Google +
Artikel Hangat Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.