Advertisement

OPAL (Operation Analyst) Pada Hotel



OPAL ( Operation Analyst ) atau diasebut juga analisis operasi, adalah suatu departemen atau posisi yang mempertimbangkan apakah suatu departemen tersebut sudah bejalan / bekerja secara maksimal, dan langsung di sepervisi oleh  general manajer hotel tersebut.
Sebagai orang yang terlatih khusus professional, OPAL menyiapkan data dari seluruh department yang ada di hotel, dan langsung di sampaikan kepada General manager dan eksekutif komite berdasarkan data yang di ambil langsungsung dari lapangan.
Dengan bekerjasama dengan department yang ada OPAL juga bertugas untuk memberikan masukan dan mempunyai inisiatif untuk meningkatkan produktifitas tanpa mengurangi mutu prodak tersebut.


Fungsi OPAL

1.      Meningkatkan produktifitas tanpa harus mengurangi kualitas  produk dengan beberapa cara, tetapi tidak terbatas pada : mengimplementasikan asuransi kualitas produk, gaji kariawan dan control performance and general storeroom control system, membuat rekomendasi metode kerja yang baru, menganalisa layout perkerjaan yang berjalan dan meniktakan efesiensi.
2.      Bekrja langsung dan bekoordinasi dengan departemen head,
3.      Seluruh subject yang diteliti didiskusikan dengan departemen head dan dilaporkan langsung ke general majer.

Pekerjaan dan Tanggung jawab OPAL

1.      Mengkoordinasikan program asuransi kualitas produk,
2.      Mengolah data dan mengkalkulasikan Output Performance pada setiap departemen.
3.      Menghadiri meeting yang di setujui oleh GM ( general manager )
4.      Mereview, merevisi hasil meeting yang berhubungan dengan OPAL.
5.      Mempersiapkan rekomendasi yang berhubungan dengan meningkatkan produktifitas,
6.      Membantu departemen head dalam kasus yang berhubungan dengan meningkatkan produktifitas.



Standar Kerja kariawan Hotel
Job Group
Example
Period Base On
Room Attendant
16 room
8 h
Bellmen
25 movements ( lobby to room - room to lobby 1 movement)
8h
Cofeeshop Waiter
20 covers
4h
Dinning room waiter
15 covers
4h
Cooks
90-100 covers
8h
Dishwasher
150-200 covers
8h
Bartender
$*200
8h
Floor Housekeeper
80 occupied rooms
8h
Room Clerk
50 arrivals
8h
Kondisi disesuaikan,,,,,,,,,,
Share on : Twitter | Facebook | Google +
Artikel Hangat Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.