OPAL ( Operation Analyst ) atau diasebut juga
analisis operasi, adalah suatu departemen atau posisi yang mempertimbangkan
apakah suatu departemen tersebut sudah bejalan / bekerja secara maksimal, dan
langsung di sepervisi oleh general
manajer hotel tersebut.
Sebagai orang yang terlatih khusus professional,
OPAL menyiapkan data dari seluruh department yang ada di hotel, dan langsung di
sampaikan kepada General manager dan eksekutif komite berdasarkan data yang di
ambil langsungsung dari lapangan.
Dengan bekerjasama dengan department yang ada OPAL
juga bertugas untuk memberikan masukan dan mempunyai inisiatif untuk
meningkatkan produktifitas tanpa mengurangi mutu prodak tersebut.
Fungsi OPAL
1.
Meningkatkan
produktifitas tanpa harus mengurangi kualitas
produk dengan beberapa cara, tetapi tidak terbatas pada :
mengimplementasikan asuransi kualitas produk, gaji kariawan dan control
performance and general storeroom control system, membuat rekomendasi metode
kerja yang baru, menganalisa layout perkerjaan yang berjalan dan meniktakan
efesiensi.
2.
Bekrja langsung
dan bekoordinasi dengan departemen head,
3.
Seluruh subject
yang diteliti didiskusikan dengan departemen head dan dilaporkan langsung ke
general majer.
Pekerjaan dan Tanggung jawab OPAL
1.
Mengkoordinasikan
program asuransi kualitas produk,
2.
Mengolah data
dan mengkalkulasikan Output Performance pada setiap departemen.
3.
Menghadiri
meeting yang di setujui oleh GM ( general manager )
4.
Mereview,
merevisi hasil meeting yang berhubungan dengan OPAL.
5.
Mempersiapkan
rekomendasi yang berhubungan dengan meningkatkan produktifitas,
6.
Membantu
departemen head dalam kasus yang berhubungan dengan meningkatkan produktifitas.
Standar Kerja kariawan Hotel
Job Group
|
Example
|
Period Base On
|
Room Attendant
|
16 room
|
8 h
|
Bellmen
|
25 movements ( lobby to room - room to
lobby 1 movement)
|
8h
|
Cofeeshop Waiter
|
20 covers
|
4h
|
Dinning room waiter
|
15 covers
|
4h
|
Cooks
|
90-100 covers
|
8h
|
Dishwasher
|
150-200 covers
|
8h
|
Bartender
|
$*200
|
8h
|
Floor Housekeeper
|
80 occupied rooms
|
8h
|
Room Clerk
|
50 arrivals
|
8h
|
No comments:
Post a Comment