Advertisement

Pengertian Pemasaran



1.1.2        Pengertian Pemasaran
Beberapa ahli telah mengemukakan tentang definisi Pemasaran meskipun kelihatan agak berbeda meskipun sebenarnya sama. Perbedaan ini disebabkan karena mereka meninjau permasalahan dari segi yang berbeda – beda.


Philip Kotler mengemukakan definisi pemasaran sebagai berikut : “suatu proses sosial dan manajerial dengan nama individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta menukarkan nilai atau produk degan pihak lain”. (Kotler 1994 : 7)
Sedangkan menurut Basu Swastha DH dan Irawan, pemasaran adalah : “suatu system keseluruhan dari kegiat – kegiatan promosi dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik pada pembeli yang ada meupun pembeli potensial.” ( Basu Swasthe 1990 : 5)
Pengertian pemasaran menurut Rodiusunu adalah : “kegiatan manusi yang diarahakan pada usaha memuaskan kebutuhan dan keinginan yang melalui proses pertukaran.” ( Radiosunu 1983 : 2 ).
Dari beberapa  pengertian tentang pemasaran yang telah dikutip tersebut maka dapat disimpulkan suatau perusahaan harus dapat menempatkan kebutuhan dan keinginan konsumen sebagai pertimbangan utama dan memberikan kepuasan produk juga harus mengetahui produk apa yang harus dibuat sehingga dapat memuaskan kebutuhan dan ke inginan konsumen.
Share on : Twitter | Facebook | Google +
Artikel Hangat Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.