Advertisement

Konsep Pemasaran


1.1.1        Konsep pemasaran
Konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan keinginnan dan kebutuhan pembeli atau konsumen. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan    falsafah bisnis yang dapat memberikan kepuasan terhadap keinginna dan kebutuhan konsumen atau berorientasi kepada konsumen.
The marketing concept holds that the key to achieving organizational  goals consist of being more effective than competitor in integrating marketing activities towards determining and satisfying he needs and wants of target markets”( Kotler 1997 : 19)


Konsep pemasaran didefinisikan sebagai berikut, bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi adalah ngan menjadi lebih efektif dari pada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran untuk menetapkan dan memusatkan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.
Sedangkan Swastha (Swastha, 1984 : 17) medefinisikan konsep pemasaran sebagai sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosisal bagi kelangsungan hidup perusahaan, Tiga unsur pokok yang mendasari konsep pemasaran (Swastha 1987 : 5 ), yaitu :
a.       Orientasi kepada konsumen
b.      Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral, dalam mengintegrasian kegiatan pemasaran, seluruh sumber daya alam perusahaan melaksanakan kegiatan yang terkoordinir untuk memberikan kepuasan konsumen serta memperkuat kondisi perekonomian perusahaan pada waktu dan tempat yang tepat, ehingga tujuan perusahaan dapat di realisasikan.
c.       Kepuasan konsumen, faktor yang menentukan apakah perusahaan dalam jangka panjang akan mendapat laba ialah banyak sedikitnya kepuasan konsumen yang dapat di penuhi. Hal ini tidak berarti bahwa perusahaan harus memaksimalkan keputusan konsumen, melainkan perusahaan harus mendapat laba dengan cara memuaskan konsumen.
Share on : Twitter | Facebook | Google +
Artikel Hangat Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.