1.1.1
Konsep pemasaran
Konsep
pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan keinginnan dan kebutuhan pembeli
atau konsumen. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan falsafah bisnis yang dapat memberikan
kepuasan terhadap keinginna dan kebutuhan konsumen atau berorientasi kepada
konsumen.
“The marketing concept holds that the key to
achieving organizational goals consist
of being more effective than competitor in integrating marketing activities
towards determining and satisfying he needs and wants of target markets”(
Kotler 1997 : 19)
Konsep
pemasaran didefinisikan sebagai berikut, bahwa kunci untuk mencapai tujuan
organisasi adalah ngan menjadi lebih efektif dari pada para pesaing dalam
memadukan kegiatan pemasaran untuk menetapkan dan memusatkan kebutuhan dan
keinginan pasar sasaran.
Sedangkan
Swastha (Swastha, 1984 : 17) medefinisikan konsep pemasaran sebagai sebuah
falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan
syarat ekonomi dan sosisal bagi kelangsungan hidup perusahaan, Tiga unsur pokok
yang mendasari konsep pemasaran (Swastha 1987 : 5 ), yaitu :
a. Orientasi
kepada konsumen
b. Penyusunan
kegiatan pemasaran secara integral, dalam mengintegrasian kegiatan pemasaran,
seluruh sumber daya alam perusahaan melaksanakan kegiatan yang terkoordinir
untuk memberikan kepuasan konsumen serta memperkuat kondisi perekonomian
perusahaan pada waktu dan tempat yang tepat, ehingga tujuan perusahaan dapat di
realisasikan.
c.
Kepuasan konsumen, faktor yang
menentukan apakah perusahaan dalam jangka panjang akan mendapat laba ialah
banyak sedikitnya kepuasan konsumen yang dapat di penuhi. Hal ini tidak berarti
bahwa perusahaan harus memaksimalkan keputusan konsumen, melainkan perusahaan
harus mendapat laba dengan cara memuaskan konsumen.
No comments:
Post a Comment