Advertisement

Kalisfikasi dan bentuk erosi

Klasifikasi bentuk erosi :
    • Erosi percik (splash erotion),
ialah proses percikan partikel-partikel tanah halus yang disebabkan oleh pukulan tetes air hujan terhadap tanah dalam keadaan basah (Yunianto, 1994).

    • Erosi lembar (sheet erosion)
adalah erosi yang terjadi karena pengangkutan atau pemindahan lapisan tanah yang hampir merata ditanah permukaan oleh tenaga aliran perluapan. Erosi ini sepintas lalu tidak terlihat, karena kehilangan lapisan-lapisan tanah seragam, tetapi dapat berbahaya karena pada suatu saat seluruh top soil akan habis.
  Caption: When soils are at saturation or when rainfall exceeds the field capacity of the soil surface run-off occurs. If this happens when the soils are fallow (i.e. bare between crops), topsoil can be washed off with the surface run-off causing sheet erosion. North-west coast, Tasmania.

    • Erosi alur (rill erosion).
Erosi ini terjadi karena adanya proses erosi dengan sejumlah saluran kecil (alir) yang dalamnya <30 cm, dan terbentuk terutama dilahan pertanian yang baru saja diolah. Erosi ini dimulai dengan genangan-genangan kecil setempat-setempat di suatu lereng, maka bila air dalam genangan itu mengalir, terbentuklah alur-alur bekas aliran air tersebut. Alur-alur itu mudah dihilangkan dengan pengolahan tanah biasa.


    • Erosi parit (channel erosion).
Erosi ini terbentuk sama dengan erosi alur, tetapi tenaga erosinya berupa aliran lipasan dan alur-alur yang terbentuk sudah sedemikian dalam sehingga tidak dapat dihilangkan dengan pengolahan tanah secara biasa. Parit-parit yang besar sering masih terus mengalir lama setelah hujan berhenti. Aliran air dalam parit ini dapat mengikis dasar parit atau dinding-dinding tebing parit di bawah permukaan air, sehingga tebing diatasnya dapat runtuh ke dasar parit. Adanya gejala meander dari alirannya dapat meningkatkan pengikisan tebing di tempat-tempat tertentu.

Share on : Twitter | Facebook | Google +
Artikel Hangat Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.