Advertisement

Perputuran bahan makanan



pengaturan bahan makanan menurut beberapa ahli gan......

Menurut Suarsana (2007 : 110) ”Pengeluaran bahan makanan digudang dilakukan apabila ada permintaan dari bagian lainnya untuk keperluan produksi yang pelaksanaannya dengan menunjuk salah seorang atau lebih petugasnya untuk datang ke gudang dengan membawa Storeroom Requisition (SR) dimana storeroom requisition ini harus ditanda tangani oleh petugas yang berwenang”.
Bahan makanan yang masuk terlebih dahulu akan digunakan terlebih dahulu pula sesuai dengan prinsip FIFO (First In First Out) dari Ninemeier (1987 : 153) :
It is important that control procedure designed to minimized that lost of quality of product in storage be strictly followed FIFO method that first in first out rotation. Rotation method is good rule. The product held inventory the largest should be the first to be issued to production area.
 
Dalam terjemahan bebas begitu pentingnya mengawasi prosedur yang ditetapkan untuk mengurangi kerugian kualitas produk dalam penyimpanan agar sesuai dengan aturannya. Metode FIFO adalah metode perputaran barang yang masuk pertama akan lebih dahulu dikeluarkan merupakan suatu aturan yang baik.
Menurut Sudiara (1995 : 187) “Metode ini adalah rotasi penyimpanan dan pengeluaran persediaan bahan makanan berdasarkan penerimaan yang terlebih dahulu diletakan paling depan atau diatas dari tempat penyimpanannya. Pada proses pengeluaran persediaan tersebut, didahulukan pada bahan makanan yang diterima terlebih dahulu. Pengawasan atau kontrol barang dilakukan menggunakan kartu barang atau bincard yaitu kartu untuk mencatat jumlah barang makanan yang masuk dan keluaar serta sisanya dan tanggal terjadinya.
Share on : Twitter | Facebook | Google +
Artikel Hangat Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.