Advertisement

Definisi Supervisor ( Indonesia )



r
Definisi Supervisor di dalam bisnis perhotelan menurut beberapa ahli
 
Supervisor sebagai seorang anggota dari manajemen lini pertama pada sebuah restaurant yang akan bertanggung jawab tehadap pekerjaan kelompok kerjanya selama operasional berlangsung. Supervisor akan melakukan pengawasan tehadapa jalannya pelayanan waiter/waitress dan menciptakan suasana kerja yang baik dan kondusif sehingga diperoleh hasil yang memuaskan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Berikut ini akan disampaikan beberapa pengertian supervisor menurut beberapa ahli:
Menurut Sarwoto (1993:107) pengertian supervisor adalah : ”Seorang di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab terhadap kelompok kerjanya”.

Menurut Moekijat (1990:573) pengertian supervisor adalah : “Seorang anggota dari management lini depan pertama yang bertanggung jawab atas pekerjaan dari kelompoknya kepada tingkatan management yang lebih tinggi”.
Menurut Raphael, R. Kavanaugh dan Jack D. Ninemeire (2001:21) mengatakan bahwa supervisor adalah : “Someone who manages entry level or other employee who do not have responsibility”. Dapat diterjemahkan bahwa supervisor adalah seseorang yang bertanggung jawab mulai dari level bawah atau pekerja lainnya yang tidak memiliki atasan yang bertanggung jawab terhadap mereka.
 Dari pendapat - pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa supervisor adalah seorang yang bertugas dan bertanggung jawab mengatur dan mengawasi pekerjaan yang dilakukan oleh bawahannya agar tujuan di inginkan dapat tercapai sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.
Share on : Twitter | Facebook | Google +
Artikel Hangat Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Total Pageviews

Blog Archive

Powered by Blogger.