Mungkin anda pernah mendengar dan membaca tentang ban Radial dan ban Bias, mungkin setelah itu anda bertanya tanya apa itu ban radial? atau apa itu ban type bias?
baik mari kita sedikit mengulas kedua jenis ban tersebet.
Ban RADIAL
Ban radial adalah sejenis desain ban otomotif. Rancangan ban radial pertama dipatenkan pada tahun 1915 oleh Arthur W. Savage, seorang produsen ban yang sukses dan seorang penemu di San Diego, California.
Paten Savage telah kadaluarsa pada tahun 1949. Ban radial biasanya
digunakan untuk mobil berpenumpang dan truk ringan dan jarang digunakan
untuk kendaraan berat seperti tronton atau kendaraan berat lainnya. Ban
radial memiliki konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat
terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi
cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian
dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh
semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau "Belt". Ban Radial
memiliki jalinan plycord yang membentang dari satu bibir ban ke bibir
ban sampingnya. Jalinan antara Plycord juga di perkuat oleh sabuk kawat
logam.
Ban BIAS
Ban bias adalah ban yang dibuat dengan susunan dua atau lebih
benang yang melingkar dari bead ke bead dengan membentuk sudut 40
derajat hingga 65 derajat terhadap garis tengah lingkaran ban. Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai.
1. Tread/Telapak Ban:
Tread/Telapak Ban adalah bagian dari ban yang kontak langsung dengan
permukaaan jalan. Bahan yang digunakan tergantung dari utilitas
kendaraan sehingga berpengaruh terhadap ketahanan ban, daya cengkeram
dan juga dalam melakukan maneuver.
2. Steel Belts:
Menjaga kekokohan struktur ban dan juga menjaga keamanan dari benda-benda yang dapat menusuk permukaan ban.
3. Spiral Layer:
Lapisan ini berfungsi agar ban lebih tahan dan lebih mudah melakukan maneuver.
4. Shoulder:
Shoulder bagian yang paling tebal pada sebuah ban yang berfungsi
melindungi ban dari guncangan maupun benda-benda berbahaya dari luar.
5. Sidewall:
Sidewall adalah bagian yang paling lentur pada sebuah ban. Faktor
kenyamanan berkendara pada sebuah ban di dapat dari bagian ini.
6. Plycord:
Plycord adalah bagian utama sebuah ban yang melapisi bagian dalam pada
sidewall dan juga bagian dalam telatak ban dari tekanan udara dari dalam
ban, beban kendaraan dan juga goncangan dari luar.
7. Bead Filler:
Bead Filler lapisan pengisi yang membuat ban lebih tahan dan memudahkan kendaraan dalam melakukan maneuver.
8. Bead Wires:
Lapisan kawat yang berfungsi menahan ban tetap pada tempatnya pada velg/rim.
9. Chafer
Bagian yang melindungi plycord dibagian bead dari panas yang terjadi karena gesekan bagian bead dengan velg/rim.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Popular Posts
-
penampilan Iphone 6, created by by JohnnyPlaid tampilan lainnya dari Iphone 6 ini,,
-
ini kejadiannya kejadian 9 july 2013, pagi jam 08:00 di sms sama no tlp 085723864200, isinya kyak gini, SELAMAT Anda pemenang undian PO...
-
check disni gan,,untuk jenis jenis dapur yang ad di restoran dan perhotelan Ada pula jenis – jenis dapur yang telah diketahui...
-
ini dia klasifikasi bahan makanan... menurut beberapa ahli gan.... 1) Sayur-sayuran a) Menurut Sudiara (1995 ...
-
SEQUENCE OF SERVICE AT RESTAURANT 1. WELCOMING THE GUEST - Greet the guest within 5 second of arrival ...
-
Ini lagi gan klasifikasi restoran menurut beberapa ahli...... Menurut Marsum (2005:8) dilihat dari pengelolaan dan sistem penyajia...
-
Apa itu SOP?? pengertian SOP? Tugas SOP? ini dia dibawah gan Check-it-dot SOP sangat berperan penting dalam kesuksesan jalannnya...
-
Sebuah memiliki Hotel 250 room dan 80% Occupanc Operation Analyst Standard sebagai berikut - Room Boy/maid ...
-
SOAL PRICING – 2 MOTEL X's, a 100 room property constructed in 20x1 for $ 680,000 has just been purchased by a new firm...
-
apa itu restoran,, ?? ini gan dari beberapa sumber ane temuin arti atau pengertian restoran dari beberapa ahli.... cekidot gan.... ...
Total Pageviews
Powered by Blogger.
No comments:
Post a Comment